Jumat, 04 Juni 2010

Israel Serbu "Rachel Corrie"

Gaza, CyberNews. Pasukan Israel menahan kapal "Rachel Corrie" yang membawa belasan relawan dan bantuan untuk rakyat Palestina di jalur Gaza, Sabtu (5/6). Dalam laman stasiun televisi Press TV, disebutkan, tentara Israel menyerbu kapal saat berada pada jarak sekitar 55 kilometer dari teritori Palestina di Laut Mediterania.

Sebelumnya, para aktivis mengabarkan pasukan Israel tengah mendekati kapal mereka. Sinyal radio dan satelit kapal juga diacak oleh Israel.

Kapal itu membawa sekitar 750 ton bantuan, termasuk obat-obatan bagi penderita kanker yang dilarang meninggalkan Gaza untuk mendapat perawatan memadai.

Sebanyak 15 penumpang, termasuk penerima Hadiah Nobel Perdamaian Mairead Maguire dan mantan asisten Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Denis Halliday berada dalam kapal tersebut.

Aksi ini dilakukan menyusul serangan pasukan komando Israel terhadap konvoi kapal kemanusiaan Gaza Freedom Flotilla pada Senin lalu.

Israel dan Amerika Serikat telah meminta Rachel Corrie untuk berlayar ke pelabuhan Ashdod di Israel, untuk kemudian membongkar muatannya. Namun para aktivis menolak permintaan itu karena misi mereka adalah untuk mendobrak blokade ilegal atas Gaza.

Kapal ini diberi nama Rachel Corrie, seorang aktivis asal Amerika Serikat yang tewas pada 2003 dilindas buldoser Israel yang akan menghancurkan rumah seorang warga Palestina di Rafah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar